iklan horizontal

Ayam goreng kremes buatan sendiri seperti ayam kremes restoran - rosoeco

Daging ayam merupakan bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam kreasi ayam goreng. Seperti kita ketahui ayam goreng yang banyak diminati salah satunya yaitu ayam kremes. Banyak rumah makan maupun restoran yang menyediakan menu ayam kremes.


Ayam kremes adalah ayam goreng yang dipadukan dengan kremes, lalapan, serta sambal sebagai teman makan nasi putih. Ada banyak kreasi ayam goreng dengan sajian yang menarik. Sensasi makan ayam kremes ini sangatlah unik. Selain rasa gurih ayam goreng yang dipadukan bersama kremes kita juga bisa menikmatinya dengan berbagai macam sambal yang pedas.

Bagi pecinta makanan pedas tentu saja ayam kremes bisa menjadi salah satu pilihannya. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah karena rosoeco akan memberikan resep bumbu dan cara memasak ayam goreng kremes yang mudah dipraktekan dirumah.

Dengan ini semoga para ibu rumah tangga dapat membuat ayam kremes untuk keluarga tercinta. Adapun bahan dan cara membuatnya sangat mudah yaitu :

Bahan :
1. Satu 1 ekor ayam, potong-potong sesuai keinginan
2. Dua 2 batang serai, memarkan
3. Tiga 3 lembar daun salam
4. Santan peras ataupun santan kemasan dua bungkus
5. Satu 1 sendok teh garam
6. Satu 1 sendok teh gula pasir

Bumbu yang dihaluskan :
1. Enam 6 siung bawang merah
2. Tiga 3 siung bawang putih
3. Satu 1 ruas jari kunyit
4. setengah 1/2 sendok makan ketumbar
5. Empat 4 buah kemiri
Haluskan semua bahan bumbu diatas

Bahan kremes spesial :
1. 300 ml kaldu ayam, ambil dari sisa rebusan ayam saja
2. Dua 2 sendok makan penuh tepung beras
3. 120 gram baking powder
4. Satu 1 butir kuning telur

Cara membuat ayam kremes :
1. Campurkan santan, bumbu halus, daun salam, serai, garam dan gula aduk hingga rata
2. Masukan ayam potong ke dalam bumbu yang telah diaduk rata lalu masak dengan api kecil hingga air berkurang dan bumbu telah meresap. Ambil air rebusan kaldu lalu sisihkan untuk bahan kremes nantinya
3. Panaskan minyak dalam wajan, sambil menunggu minyak panas masukan ayam kedalam adonan kremes. Goreng hingga matang angkat lalu tiriskan.
4. Langkah berikutnya yaitu membuat kremesan aduk semua bahan kremes kecuali baking powder. Setelah semua tercampur rata baru masukan baking powder
5. Goreng adonan kremes masukan adonan dengan jari saja. Ambil segenggam lalu tuangkan memutar agar adonan menjadi serpihan kecil nantinya. Tunggu hingga matang, angkat dan tiriskan
6. Letakkan ayam goreng diatas piring saji, taburkan kremes di atasnya. Tambahkan juga lalapan seperti irisan timun, selada dan daun kemangi. Ayam kremes siap menemani nasi putih. Agar lebih mantap bisa ditambahkan sambal tomat.

Baca juga :

Ayam kecap pedas manis

Sangat mudah bukan membuat ayam kremes. Para ibu rumah tangga bisa mengkreasikan ayam goreng biasa dengan kremes agar lebih spesial. Selamat mencoba membuat ayam kremes semoga ayam goreng kremes buatan sendiri selezat ayam kremes di restoran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan dalam

Iklan feed