iklan horizontal

Cara Berternak Entok Hingga SUKSES, Lebih Mudah Dan Menguntungkan

 Halo sahabat ternak, kali ini kita akan mengulas cara berternak entok hingga sukses. Simak ulasan ternak entok ini agar kalian berhasil dan sukses.

Entok adalah unggas yang cukup mudah diternakkan. Entok memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi dibanding unggas lain seperti bebek dan ayam.


Berikut cara berternak entok agar sukses, simak baik-baik ya sahabat.

1. Berbisnis Ternak Entok

Mengapa ternak entok bisa dijadikan bisnis, tentu karena entok memiliki daging yang banyak serta cita rasa lezat dibanding unggas lainnya.

Entok juga memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding ayam atau bebek. Selain itu entok juga lebih kebal terhadap penyakit karena daya tahan tubuhnya yang kuat. Sehingga berternak entok lebih minim resiko kerugian akibat kematian.

2. Kandang Entok yang Sehat

Untuk berternak entok, kita harus benar-benar memperhatikan kesehatan kandang. Hal ini bertujuan agar entok berkembang dan tumbuh dengan baik.

Kandang Entok yang sehat harus memiliki sirkulasi udara yang baik, jauh dari keramaian, bedakan kandang sesuai umur entok dan juga memiliki kolam untuk entok berenang. Seperti yang kita ketahui entok paling suka dengan kolam air.

Permukaan tanah kandang Entok juga harus lebih tinggi dibanding permukaan tanah sekitar. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi genangan air saat musim hujan.

3. Pakan Entok

Pemberian pakan entok harus tepat sesuai kebutuhan dan usia entok. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan entok cepat besar dan sehat. Kita harus mengetahui kebutuhan gizi entok sesuai umurnya.

Entok berusia 1 - 14 hari :

 membutuhkan pakan yang memiliki kandungan protein tinggi, energi, kalsium, pospor dan vitamin. Pakan ini bisa didapat dari konsentrat atau biasa disebut Pur.

Entok berusia 15 - 36 hari :

Membutuhkan pakan yang lebih mengandung energi. Kita bisa mencampurkan konsentrat dengan bekatul, jagung, dan ampas tahu

Entok berusia 36 hari lebih ( dewasa ) :

Entok dewasa lebih banyak membutuhkan pakan yang mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan, ketahanan tubuh, dan menjaga rangka entok agar lebih kuat.

Pakan yang diberikan berupa campuran bekatul, menit, Enceng gondok, nasi, dan keong.

Kalian juga bisa memberikan pakan fermentasi agar entok cepat besar dan sehat. Pakan fermentasi juga bisa menebalkan daging dan mengurangi kandungan lemak pada tubuh entok.

Baca juga :

Membuat pakan ternak dengan cara fermentasi, ayam lebih sehat

4. Berikan Vaksin

Meski kekebalan tubuh entok sudah tinggi, kita wajib memberikan vaksin agar entok lebih sehat. Vaksin bisa diberikan saat pertama menetas dan tahap kedua saat entok menginjak usia lebih dari 40 hari.

Itulah ulasan kami tentang cara berternak entok hingga sukses. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin memulai ternak entok. Mari galakkan lagi sektor peternakan Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Cara Berternak Entok Hingga SUKSES, Lebih Mudah Dan Menguntungkan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan dalam

Iklan feed