iklan horizontal

Membuat Getuk Lindri Makanan Klasik Tradisional nan Fenomenal

Beraneka ragam makanan tradisional yang terbuat dari singkong salah satunya yaitu Getuk Lindri. Getuk merupakan salah satu makanan klasik asli Indonesia. Terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk dengan gula Jawa serta taburan kelapa diatasnya. Hal ini membuat makanan yang satu ini sangat khas dan mudah dikenali.

Pada tahun 80-an hingga 90-an banyak penjual getuk keliling namun sekarang sudah jarang dan hampir tidak ada lagi. Salah satu keunikan pedagang getuk yaitu dengan memutar lagu klasik campursari. Ada juga yang memutar lagu-lagu Rhoma irama yang sangat booming pada masanya.

Sebelum getuk goreng sokaraja terkenal, getuk lindri sudah lebih dulu menjadi maestro makanan klasik di Indonesia. Kali ini rosoeco akan mengenang masa keemasan getuk dengan membagikan resepnya. Semoga makanan ini selalu lestari dan dapat dinikmati anak cucu kita hingga akhir jaman.

Baca juga : 31 Resep Memasak Super Lezat Asli Makanan Indonesia

Getuk klasik
Mari kita lestarikan makanan Indonesia agar tidak termakan oleh zaman. Simak baik-baik langkah membuat getuk lindri berikut ini.
Bahan utama :

  • 500 gram singkong, kupas lalu cuci bersih
  • 100 gram gula pasir
  • 75 gram kelapa parut kasar lalu dikukus selama 5 menit
  • 1/2 sendok teh garam
  • Pewarna makanan hijau, merah, kuning, pilih sesuai selera dengan 5 tetes esens pandan

Taburan Getuk lindri :

  • 200 gram kelapa parut kukus
  • 1/2 sendok teh garam
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Getuk Lindri :

  1. Kukus singkong hingga empuk, lalu tumbuk hingga halus selagi hangat agar lebih mudah, sisihkan
  2. Siapkan wadah lalu campurkan gula pasir, kelapa parut, dan garam hingga rata serta gula dan garam larut
  3. Campurkan singkong halus dengan gula dan pewarna makanan, bagi adonan menjadi beberapa bagian jika ingin membuat warna pelangi, campur hingga benar benar rata
  4. Giling adonan getuk dengan alat khusus penggiling getuk lindri, jika tidak punya tumbuk saja lalu bentuk sesuai selera (padatkan dalam loyang )
  5. Taruh pada piring saji, beri taburan diatasnya
  6. Getuk Lindri siap dinikmati

Ajarkan juga resep ini secara turun temurun agar tetap lestari. Semoga sajian resep kali ini bermanfaat bagi kalian. Mari bernostalgia dengan makanan tradisional yang nikmat, selamat mencoba. Untuk taburan atasnya bisa kalian gunakan keju, selai, dan Mises menjadikannya getuk lindri lebih modern.

Baca juga : Cara Membuat Kue Nastar Keju Yang Lembut Dan Nikmat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan dalam

Iklan feed