Iklan responsive

Membuat pakan ternak dengan cara fermentasi, ayam lebih sehat

Membuat pakan ternak dengan cara fermentasi agar ayam lebih sehat. Selain itu pakan fermentasi juga bisa menjadikan kualitas daging ayam lebih bagus. Daging ayam tidak akan mengandung lemak sehingga tekstur daging lebih padat.

Bagi para peternak ayam kunci utama kesuksesan terletak pada pakan yang digunakan. Kandungan gizi yang baik akan membuat ayam tahan terhadap penyakit serta mempercepat pertumbuhan ayam.

Jika perternak menggunakan pakan yang dibeli tentu akan sangat besar biayanya. Hal ini sangat merugikan peternak. Untuk itu pakan fermentasi sangat baik demi menekan pengeluaran pakan yang besar. Dengan pakan fermentasi biaya pakan lebih irit sehingga meningkatkan keuntungan bagi peternak.
Peternakan ayam
Pembuatan pakan ternak fermentasi terbilang sangat mudah. Kita bisa menggunakan bahan alami yang kita temui di kehidupan sehari-hari. Tentu bahan ini ada di rumah anda namun sering kali anda buang karena tidak tau manfaatnya. Apa saja bahan alami tersebut ? Mari kita cermati dengan baik cara membuat pakan ternak berikut ini.

Baca juga : 3 Resep terlezat memasak udang yang wajib dicoba

Bahan yang diperlukan :

  • Air cucian beras, simpan air cucian beras dalam ember sabagai cairan fermentasi alami
  • Dedeg atau dedak, bisa kita dapat di tempat penggilingan padi harganya juga sangat murah
  • Daun daunan seperti daun pepaya dan daun singkong
  • Consentrat atau sentrat sebagai pelengkap gizi pakan ayam


Cara pembuatan pakan fermentasi :

  1. Ambil baskom besar atau plastik sebagai tempat menggolah pakan fermentasi
  2. Letakkan 5 kg dedeg, 1 kg sentrat, aduk sampai tercampur rata
  3. Cacah halus 3 kilo daun pepaya atau singkong, sawi, bayam lalu campurkan kedalam wadah aduk hingga rata
  4. Tambahkan air cucian beras secukupnya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga pakan basah dan terlihat seperti adonan
  5. Jika sudah tercampur rata usahakan adonan tidak terlalu basah agar tidak hancur saat dikepal itu tanda komposisinya pas
  6. Jika terlalu encer tambahkan lagi sedikit dedeg dan sentrat
  7. Setelah adonan pakan tercampur rata masukkan kedalam ember volume pakan 3/4 dari ember lalu tutup dengan rapat atau hampa udara agar proses fermentasinya sempurna
  8. Diamkan pakan tersebut dalam wadah hampa udara selama semalam 12 jam
  9. Jika sudah coba cek pakan tersebut apakah sudah mengembang ? Jika sudah coba cium aroma pakannya, jika sudah berbau wangi seperti permen karet berarti pakan tersebut sudah jadi dan berhasil
  10. Pakan fermentasi siap diberikan pada unggas ternak kalian


Selain bahan diatas kalian juga bisa menambahkan sisa nasi jika ada. Hal ini juga akan menghemat biaya pakan ternak. Jadi bahan alami yang bisa anda gunakan untuk membuat pakan fermentasi seperti dedeg, air cucian beras, daun daunan, serta sisa nasi bisa anda dapat secara cuma-cuma. Selain itu kalian juga bisa menambahkan kulit buah seperti kulit pisang,melon,apel ini lebih menambah gizi pakan ternak anda.
Itulah cara membuat pakan fermentasi untuk ternak agar menghemat biaya. Cukup mudah dan sangat bermanfaat. Cobalah mulai dari sekarang maka keuntungan kalian akan berlipat ganda.
Baca juga : Resep memasak ayam goreng kuning bumbu kunyit sederhana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan feed