iklan horizontal

Apa Sebab Rekening Dana Nasabah Minus, ini masalahnya !!??

 Halo sobat investor pemula yang sedang memulai belajar saham dari nol. Kali ini saya akan membagikan pengalaman pribadi, kenapa renening dana nasabah kita bisa minus.

Awalnya saya sangat kaget, karena pada saat itu saya menjual 1 lot saham kemudian dananya saya withdraw dan berhasil. Akan tetapi pada keterangan info saldo di rekening dana nasabah ( RDN ) saya malah minus.

Tentu saja saya langsung panik dan takut.

  Jual saham kok malah minus saldonya, padahal uang tetap bisa masuk ke rekening ATM saya.


Seketika itu saya langsung cari apa masalahnya ?? Kenapa saldo rekening dana nasabah saya jadi minus ??

Berbagai macam pertanyaan menyelimuti pikiran saya. Jangan-jangan nanti saldonya bakal terus berkurang.

Tidak perlu panik dan jangan khawatir saat kalian mengalami hal seperti ini. Wajar saja sebagai pemula pasti belum tau sepenuhnya tentang transaksi saham.

Untuk itu jangan pernah berhenti belajar, bisa tanya kepada yang lebih berpengalaman atau bisa juga cari tahu di internet.

Yang perlu kita ketahui saat kita melakukan transaksi saham yaitu kita jual saham yang kita miliki jadi uang yang kita tarik adalah uang kita sendiri.

Masalahnya disini karena kita belum mengerti jangka waktu transaksi saham. Perlu diketahui bahwa transaksi saham saat kita menjual saham, memerlukan 2 hari kerja agar dana masuk ke RDN kita.

" T+2 semenjak kita menjual saham "

Semisal kalian menjual saham pada hari Senin, maka kalian bisa mencairkan dana tersebut pada hari Rabu agar tidak terjadi minus di saldo RDN kalian.

Memang benar bahwa saldo dapat ditarik pada hari itu juga, tetapi dana tersebut merupakan dana talangan dari sekuritas masing-masing.

Ini juga untuk mengantisipasi dan membantu para investor yang membutuhkan dana darurat. Tentu saja ada konsekuensinya jika kalian melakukan penarikan di hari yang sama dengan penjualan saham yang kalian miliki.

Konsekuensi dari hal tersebut kita dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.1000 ( seribu rupiah ) per hari, per kelipatan Rp.1000.000,00 ( satu juta rupiah ).

Dan ketika nanti setelah hari T+2 barulah dana kalian akan dipotong untuk menggantikan dana yang sudah kalian tarik sebelumnya. Dan saldo di rekening dana nasabah ( RDN ) kalian normal kembali.

Baca juga : 

Investasi Saham atau Trading Saham, Jangan Bingung !

Demikian yang bisa saya bagi kepada kalian sahabat investor pemula. Jangan bingung, jangan takut berinvestasi. Semoga penjelasan dari saya bisa membantu kalian yang sedang mengalami hal yang sama.

Belum ada Komentar untuk "Apa Sebab Rekening Dana Nasabah Minus, ini masalahnya !!??"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan dalam

Iklan feed