Iklan responsive

Candi Prambanan dan Jajanan Tradisionalnya Yang Lezat

Candi Prambanan terletak di perbatasan Klaten dan daerah istimewa Yogyakarta. Salah satu candi tertinggi di Asia bahkan terkenal ke seluruh dunia. Komplek candi Prambanan sangat luas dengan bangunan candi yang megah, menjadikan candi Prambanan sebagai salah satu objek wisata yang menarik turis lokal maupun mancanegara.

Berwisata ke candi Prambanan pada tahun 2019 lalu kita cukup membayar tiket masuk sebesar 50 ribu rupiah bagi orang dewasa dan 25 ribu bagi anak-anak usia 3 sampai 10 tahun. Biaya yang sepadan untuk menikmati bangunan bersejarah nan megah.
Candi Prambanan megah

Saat kita berada di dalam candi Prambanan kita akan disajikan pemandangan yang luar biasa. Dikelilingi oleh bukit-bukit, candi Prambanan berdiri kokoh di tengah dataran luas.

Disini juga terdapat cerita Roro Jonggrang yang melegenda. Pasalnya ada sebuah komplek candi seribu yang di bangun oleh Bandung bondowoso. Agar Roro Jonggrang mau menjadi istrinya dengan syarat membangun 1000 candi. Akan tetapi Roro Jonggrang yang sebenarnya tidak mau diperistri, akhirnya dia mengganggu proses pembangunan candi. Bandung Bondowoso menjadi murka dan menjadikan Roro Jonggrang sebagai candi ke seribu.

Baca juga : Resep Membuat Bakso Nabati 100% Tanpa Daging

Selain menikmati bangunan candi, kita juga bisa mencicipi jajanan tradisional yaitu "gendar pecel". Gendar terbuat dari nasi yang dicampur dengan bleng( bumbu tradisional ) lalu ditumbuk dan menjadikan teksturnya kenyal. Lalu pecel adalah sayuran rebus yang diberi sambal kacang serta bermacam pelengkap seperti tauge, ikan asin dan kerupuk.

Jangan melewatkan kuliner setempat saat kalian mengunjungi suatu daerah. Kalian juga bisa membuat gendar pecel ini dirumah. Simak resep cara membuat gendar pecel berikut ini ya.

Cara membuat gendar :

  • Campur nasi dengan bleng lalu tumbuk hingga halus dan merata
  • Padatkan pada wadah lalu diamkan semalaman
  • Jika sudah kenyal berarti gendar sudah jadi

Cara membuat pecel :

  • Rebus sayuran sesuai selera anda seperti kol, kacang panjang, dan sawi misalnya
  • Lalu buat sambal kacang bisa beli di tukang sayur
  • Setelah itu sajikan gendar dan pecel pada piring taburi sambal diatasnya
  • Lebih nikmat dinikmati dengan kerupuk dan ikan asin


Makanan tradisional di candi Prambanan yang wajib kalian coba. Nikmati gendar pecel yang pedas dan nikmat bersama keluarga. Selamat berwisata dan menikmati kuliner setempat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Baca juga : Membuat Getuk Lindri Makanan Klasik nan Fenomenal

Belum ada Komentar untuk "Candi Prambanan dan Jajanan Tradisionalnya Yang Lezat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan feed