Iklan responsive

Kuliner Jogja kekinian Oseng mercon Bu Narti

Dari namanya sudah terbayang betapa pedasnya kuliner Jogja kekinian yang satu ini. Ya, oseng mercon merupakan salah satu idola bagi para pecinta makanan pedas. Oseng mercon Bu Narti adalah salah satu kuliner yang laris di Jogja.

Banyak oseng yang ada namun yang membedakan oseng Bu Narti dengan oseng lain adalah jumlah cabe yang digunakan sangat banyak yaitu 20 cabe rawit. Wah terbayang rasa pedasnya bukan. Pantas saja jika makanan ini disebut dengan nama mercon di belakangnya.

Oseng Bu Narti awalnya hanya berjualan di warung tenda sejak tahun 1997. Karena rasanya yang unik warungnya menjadi semakin ramai. Dalam sehari Bu Narti bisa menjual hingga dua panci besar. Oseng mercon Bu Narti terbuat dari tetelan daging sapi ( koyor ).

Seperti apa sih oseng mercon Bu Narti ?


Kuliner kekinian jogja

Kini oseng mercon sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Akan tetapi oseng mercon Bu Narti tetap idola. Oseng mercon juga lebih bervariasi dengan bahan dasarnya seperti kikil, daging ayam, daging kambing dan masih banyak lagi.

Mulai tahun 2018 banyak youtuber kuliner yang mereview oseng mercon Bu Narti sehingga menjadi salah satu kuliner kekinian jogja yang laris manis. Bagi kalian yang tidak suka pedas, tenang saja karena Bu Narti juga menyediakan osengnya dalam porsi kepedasan yang pas.

Jika kalian sedang berada di Jogja atau liburan disana, silahkan kunjungi warung oseng mercon Bu Narti yang berada di jl. KH. Ahmad Dahlan Yogyakarta. Namun bagi kalian yang berada jauh dari Jogja jangan risau karena rosoeco.com akan membagikan resep dan cara memasak oseng mercon. Agar kalian semua bisa membuatnya sendiri di rumah.

Meski tak senikmat buatan Bu Narti namun resep oseng mercon ini sudah mendekati maksimal rasanya. Sangat cocok bagi kalian yang penasaran rasa oseng mercon Bu Narti. Mari kita simak apasaja bahan yang digunakan dan bagaimana cara membuat oseng mercon.

Bahan yang digunakan :

  • 500 gram tetelan daging sapi ( koyor )
  • 5 gram gula Jawa ( gula merah )
  • 4 cm lengkuas memarkan
  • 1 buah jahe ukuran 2 cm
  • 4 lembar daun salam
  • 350 ml air matang
  • 60 gram cabai merah keriting
  • 200 gram cabai rawit
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok teh garam ( secukupnya )
  • 3 sendok makan kecap manis ( secukupnya )
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis


Ini dalam porsi kecil ya kalau Bu Narti masak dalam porsi besar bisa menggunakan 20 kg cabai rawit. Huh pedas hehe

Baca juga : Resep dan cara membuat Lontong balap makanan khas Jawa timur

Cara memasak oseng mercon :

  1. Uleg semua bahan seperti jahe, cabai keriting, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih hingga benar-benar halus ( bisa juga gunakan blender namun diuleg lebih sedap ) sisihkan
  2. Siapkan wajan lalu panaskan minyak dengan api kecil, tumis lengkuas, daun salam dan bumbu halus hingga mengeluarkan aroma wangi
  3. Masukkan tetelan daging sapi ( koyor ) yang sudah dibersihkan terlebih dahulu kemudian masak sambil diaduk agar bumbunya meresap
  4. Tambahkan air matang lalu masak tetelan hingga empuk, semakin empuk semakin nikmat selanjutnya masukkan gula merah, kecap manis dan garam aduk lagi hingga rata
  5. Masak sampai air menyusut semakin sedikit kadar air berarti semakin meresap bumbunya dan matang sempurna. Matikan api sajikan dalam mangkok saji
  6. Oseng mercon siap dinikmati bersama nasi putih dan lalapan.


Wah jadi ngiler ya membayangkannya pasti membuat kita lapar. Yuk siapkan bahan dan mulai memasak oseng mercon Bu Narti yang super pedas ini.

Belum ada Komentar untuk "Kuliner Jogja kekinian Oseng mercon Bu Narti"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan feed