iklan horizontal

Investasi Saham atau Trading Saham, Jangan Bingung !

 Bingung mau investasi saham atau trading saham ? Tentukan pilihan kalian sesuai dengan kemampuan ilmu dan dana kalian. Simak artikel berikut sebelum menentukan pilihan.

Sekarang banyak orang mulai mengerti dan sadar akan hal investasi saham. Banyak sekuritas yang memudahkan para investor saham untuk masuk ke dalam dunia saham.

Sejak tahun 2019, pasar saham mulai diminati banyak orang terutama dari kalangan pemula atau investor retail. Akan tetapi masih dilema dalam menentukan pilihan.

Sebenarnya yang terpenting dalam dunia saham yaitu mulailah sekarang juga. Seiring berjalannya waktu kalian akan mengerti dan dapat menentukan pilihan untuk menjadi investor saham atau trader saham.


Apa itu investor ? dan apa itu trader ? simak penjelasan berikut.

Investor / Investasi

Investor adalah orang yang berinvestasi saham pada sebuah perusahaan dalam jumlah besar dan jangka waktu yang panjang.

Kebanyakan para investor adalah pemilik modal yang cukup kuat, sehingga mereka menginvestasikan hartanya dalam jangka waktu lama. Investor akan mendapat keuntungan dari deviden dan capital gain.

Deviden adalah keuntungan yang dibagikan kepada pemilik saham setiap tahun ( tergantung kebijakan perusahaan ).

Capital gain adalah selisih harga beli dan harga sekarang. Dalam kurun waktu yang lama para investor juga mendapat keuntungan dari perbedaan harga saham yang dimiliki.

Akan tetapi, ada juga kemungkinan harga turun namun relatif kecil, tergantung saham apa yang dibeli. Jika saham bluechip pertahun bisa memberi keuntungan 15-20%.

Kesimpulannya, semakin banyak investasi kita maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh. Namun ada juga resiko kerugian yang lebih besar. High risk-high return.

Trader / Trading

Tarding adalah jual beli saham dalam waktu yang singkat untuk memperoleh keuntungan dari harga beli dan harga jual.

Harga sebuah saham tentu terjadi naik atau turun. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para trader untuk mendapatkan keuntungan.

Tentunya para trader memiliki kemampuan dalam membaca pergerakan nilai saham. Jika kalian belum mengerti tentang saham, perbanyaklah ilmu sebelum terjun ke dunia trading saham.

Trading bisa memberikan keuntungan dengan sangat cepat karena pada dasarnya mereka adalah pedagang. Membeli dengan harga rendah lalu menjual di harga tinggi.

Baca juga :

Investasi Saham Ala Milenial Masa Kini , AWAS!!! Jangan Salah Pilih

Semakin banyak modal semakin tinggi juga keuntungannya. Ingat bisa juga sebaliknya. Tergantung dari ketepatan analisa pergerakan harga saham.

Nah, dari penjelasan diatas kalian bisa mawas diri dimana posisi kalian. Apakah punya modal yang cukup atau kecil, apakah kalian mampu membaca harga saham atau belum.

Dari sini bisa kalian simpulkan sendiri mau investasi saham atau trading saham. Jangan takut memulai karena hal terbaik adalah mulai masuk dunia saham sekarang juga. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan yang lain.

Belum ada Komentar untuk "Investasi Saham atau Trading Saham, Jangan Bingung !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan dalam

Iklan feed