iklan horizontal

Merawat Daun Aglonema Agar Mengkilap dan Subur

 Tanaman hias Aglonema saat ini sedang tren dan diminati banyak orang. Perlu diketahui cara merawat Daun Aglonema agar mengkilap dan subur. Pecinta tanaman hias wajib baca.

Aglonema adalah salah satu tanaman hias yang memiliki daun super unik. Keindahan corak daun serta warnanya begitu indah dipandang mata. Tak heran jika banyak orang yang menyukainya dan menanam Aglonema.

Agar tanaman Aglonema terlihat cantik dan memukau tentu dibutuhkan perawatan yang intens. Bukan hanya sekedar menanam, namun kalian juga perlu merawatnya agar Aglonema tumbuh subur dan cantik.


Keindahan Aglonema dapat diukur dari tingkat kesuburan dan keutuhan daun. Tidak lepas dari itu kebersihan dan daun yang mengkilap juga menambah keindahan tanaman hias yang satu ini.

Bagaimana cara membuat daun Aglonema agar mengkilap dan subur ??

Tentu ada perawatan khusus yang harus dilakukan untuk mendapatkan daun Aglonema yang mengkilap dan subur. Kali ini kami akan memberikan tips merawat Aglonema supaya tanaman hias kalian memiliki daun yang mengkilap dan subur.

Tingkat kesuburan

Agar tanaman menjadi subur tentunya harus diberi tanah atau pupuk yang cukup agar tanaman mendapat nutrisi unsur hara tanah. Pemberian pupuk juga jangan berlebihan dan jangan sampai kurang. Jika terlalu berlebih dalam pemberian pupuk malah bisa membuat tanaman mati.

Begitu juga sebaliknya, jika pemberian pupuk kurang maka, tanaman Aglonema juga akan terhambat pertumbuhannya.

Selain itu perlu diperhatikan pula penyiraman air untuk tanaman Aglonema. Jangan terlalu sering dan jangan sampai kurang. Hal ini cukup dilihat dari tekstur tanahnya. Jika tanah masih kelihatan basah biarkan saja tidak perlu disiram. Dan jangan sampai tanah menjadi kering karena itu pertanda kekurangan air. Jaga agar tanah selalu basah.

Daun Mengkilap

Ini adalah inti dari perawatan tanaman biar agar memiliki daun yang mengkilap. Jika hanya di pupuk dan disiram itu hanya akan membuat subur tanaman. Namun biasanya daun Aglonema menjadi kusam.

Kekusaman daun Aglonema terjadi karena proses penyiraman air. Karena air memiliki kandungan mineral yang tinggi, maka saat air yang mengenai daun sudah mengering, akan menimbulkan kerak putih yang membuat daun Aglonema menjadi kusam.

Agar daun Aglonema yang sudah subur bisa mengkilap, kalian perlu membersihkan kerak putih yang ada dipermukaan daun Aglonema.

Cara mengelap daun aglonema terbilang sangat mudah. Kalian bisa menggunakan tisu atau kain halus yang kering untuk mengelapnya. Meski begitu, proses pengelapan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak daun.

Setelah dibersihkan dengan tisu atau kain kering, bisa dioleskan sedikit baby oil pada tisu lalu digunakan lagi untuk mengelap daun Aglonema. Lakukan hal ini secara merata pada permukaan daun. Dijamin daun Aglonema akan menjadi mengkilap dan indah.

Lakukan perawatan semacam ini setiap kali daun mulai kusam atau kotor. Kira-kira 1 bulan sekali, cukup mudah dan simpel ya ternyata.

Silahkan diaplikasikan pada tanaman hias Aglonema kalian agar daunnya mengkilap dan subur. Semoga bermanfaat dan menambah keindahan tanaman hias kalian.

Belum ada Komentar untuk "Merawat Daun Aglonema Agar Mengkilap dan Subur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan dalam

Iklan feed