iklan horizontal

Bekal Menarik untuk Anak: Bikin Si Kecil Semangat Makan dan Belajar!

 Bagi para orang tua, bekal anak bukan sekadar tempat menyimpan makanan, tapi juga wujud cinta dan perhatian. Bekal yang menarik dan berisi makanan sehat tentunya akan membuat si kecil semangat makan dan belajar.


Tapi, terkadang bingung juga ya, menu dan tampilan bekal seperti apa yang menarik anak-anak? Nah, berikut beberapa tips dan ide bekal menarik untuk anak:


1. Variasi Menu dan Bentuk


Anak-anak mudah bosan, jadi penting untuk memvariasikan menu bekal mereka.  Ganti-ganti lauk pauk, nasi bisa diganti pasta atau roti gandum, dan tambahkan potongan buah dan sayur yang menarik.


Untuk bentuk, bisa memanfaatkan cetakan nasi, tusuk sate untuk buah, atau bento box dengan sekat-sekat untuk memisahkan makanan.


2. Tema dan Karakter Favorit

Anak-anak biasanya punya karakter atau film kartun favorit. Gunakan tema ini untuk membuat bekal mereka semakin menarik. Misalnya, bekal bertema Princess dengan nasi merah berbentuk hati, telur orak-arik, dan potongan strawberry.


3. Kreativitas Penyajian


Hias bekal dengan menggunakan rumput laut, nori, atau keju untuk membuat gambar binatang, bunga, atau bentuk-bentuk lucu lainnya.  Susun makanan dengan rapi dan menarik, seperti nasi dibentuk bola-bola kecil atau sandwich dipotong dengan bentuk bintang.


4. Minuman Menyegarkan


Selain makanan, bekal juga perlu dilengkapi dengan minuman menyegarkan. Air putih tentunya yang terbaik, tapi sesekali boleh juga diberi jus buah atau yoghurt. Hindari minuman bergula tinggi dan bersoda ya!


5. Libatkan Anak dalam Pembuatan Bekal


Ajak anak Anda ikut memilih menu dan mendekorasi bekalnya.  Ini akan membuat mereka lebih semangat dan menghargai bekal yang mereka bawa.


Ide Menu Bekal Menarik:


Nasi Goreng Mini: Nasi goreng dengan sosis, nugget, atau telur dadu, dibentuk bola-bola kecil dan ditusuk dengan tusuk sate.

Pancake Isi: Pancake gandum diisi dengan selai kacang, potongan pisang, atau keju.

Mini Pizza: Roti tawar diberi saus tomat, keju, dan topping seperti sosis, paprika, atau jamur.

Pasta Salad: Pasta makaroni dicampur dengan sayuran, potongan ayam, dan saus salad yang creamy.

Sushi Gulung: Nasi putih dicampur dengan sayuran dan digulung dengan rumput laut, bisa ditambahkan potongan ikan atau telur.

Tips Tambahan:

  • Gunakan wadah bekal yang menarik dan mudah dibuka tutup oleh anak.
  • Simpan bekal di tasbih cooler bag agar makanan tetap fresh.
  • Tuliskan pesan penyemangat untuk anak di dalam bekal.

Dengan sedikit kreativitas, bekal anak yang menarik dan sehat bukan lagi hal yang sulit. Selamat mencoba dan semoga si kecil semakin semangat makan dan belajar!


Selain tips di atas, berikut beberapa inspirasi bekal menarik lainnya:


  • Rainbow Sandwich: Roti tawar diberi selai berwarna-warni, seperti strawberry, blueberry, dan orange, lalu disusun berlapisan.
  • Salad Buah: Potongan buah-buahan dicampur dengan yoghurt dan granola, bisa ditambahkan madu atau sirup untuk pemanis.
  • Pudding Susu: Puding susu dengan berbagai rasa dan buah-buahan topping.
  • Muffin Mini: Muffin gandum dengan isian blueberry, pisang, atau cokelat.

Dengan bekal yang menarik dan sehat, anak-anak akan terbiasa dengan pola makan yang baik dan tumbuh dengan sehat. Jadi, jangan ragu untuk berkreasi dan membuat bekal yang menyenangkan untuk si kecil!


Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Belum ada Komentar untuk "Bekal Menarik untuk Anak: Bikin Si Kecil Semangat Makan dan Belajar!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan dalam

Iklan feed